金曜日, 6月 18, 2010

Benika dan Acetabular dysplasia (臼蓋形成不全)


Pada suatu kunjungan "Akachan Homon" oleh Jousanshi (Kader Kesehatan) dari Kuyakusho (Pemda),telapak kaki kanan Benika dicurigakan agak terlalu bengkok keluar.Okasan dan menyadari waktu dia beberapa minggu setelah lahir, tapi lupa untuk konsul ke dokter waktu pemeriksaan 1 bulan. Akhirnya saat itu kami memutuskan untuk konsultasi gratis dengan dokter anak di kuyakusho minggu depannya lagi. (April 27)
Dokter anak sedikit curiga tapi karna beliau bukan ahli tulang akhirnya beliau memberi rekomendasi untuk diperiksa ke ahli tulang(整形外科) di RS Oota. Dikasih surat hantar (shoukai jo) untuk diberikan ke dokter ahli tulang disana.

Pada minggu itu hari jumatnya,April 30, okasan(mamah) to obaachan(nenek) pergi ke seikei geka(ahli tulang) di RS Oota. Kami kebagian dapet dokter yang bernama Toyota Sensei, sudah senior dan sepertinya di kepala departemen ahli tulang di RS itu.
Toyota Sensei memeriksa sekilas tapi pemeriksaan tampak luar , kaki Benika terlihat normal saja. Akhirnya diputuskan untuk Ronsen.
Benika menangis keras waktu diambil Ronsen, mungkin laper deh kayaknya. Abisnya waktu itu masih kecil banget, baru 1 bulan 20 hari, jadinya masih sering mimik ASInya. Kasian juga deh dengerin Benika nangis di ruang Ronsen, manapula okasan nggak boleh ikutan kedalem pula. Sedih .. obaachan mo shinpai. Ini pengalaman pertama buat Benika diruangan Ronsen yang besar tanpa pendamping disisinya. Yoku ganbattekureta ne.

Setelah difoto Ronsen, Benika segera okasan kasih oppai. Alhamdulilah jadi tenang kembali. Daijoubu yo .. Benika ni sasaita.

Kembali keruangan praktek Toyota Sensei menjelaskan kalo seluruh persendian di mata kaki yang kanan kiri normal, juga persendian di tulang selangkang. Tapi ada masalah besar yaitu ternyata tulang panggulnya, kurang tumbuh sempurna . Tidak sempurna bentuknya sehingga tidak bisa menopang tubuhnya dengan baik. Dan tulang pangkal kakinya pun jadi tidak pada tempatnya. Dan penyakit itu akhirnya diketahui sebagai Acetabular Dysplasia atau dalam bhs jepang 臼蓋形成不全