火曜日, 7月 06, 2010

Benika dan Acetabular dysplasia (2)

Setelah dinyatakan menderita Acetabular Dysplasia, Benika mulai 11 Juni 2010 dipasang Pavlik harness (リーメンヒューゲル 、バンド型装具)ditubuhnya.


Bentuknya seperti gambar diatas. Tidak terlalu susah buat masangnya kok.
Harganya 17.500 yen, tapi karna masuk asuransi nanti diganti 100% oleh Asuransi.

Berikut ini ringkasan singkat setelah memakai harness.
1. 2 minggu pertama iketannya dipasang yang paling kenceng, atau yg paling pendek jadinya kakinya tertarik keatas dan selangkangannya terbuka lebar. Gerakannya lebih terbatas karena talinya pendek.
2. Dipake 24 jam, dilepas ketika mau mandi saja selama kurang lebih 15 menitan.
3. Kakinya nggak boleh dirapetin, kalo bisa dibiarkan terbuka selangkangannya. Buat bayi sikap seperti ini tidak menjadi penghalang karna memang ini adalah bentuk natural bayi. yaitu selangkangan terbuka berbentuk M.
4. Menyusuipun kakinya terbuka
Setelah 2 minggu kembali check up ke RS Oota. Waktu itu dokter hanya memeriksa selangkangannya dengan di pijit2. Lalu tali harnessnya dilonggarin satu bolongan. Jadinya kaki lebih bisa leluasa bergerak. Kata dokter minggu pertama sengaja diperketat.
Hania merasa seneng2 aja selama pake harness. Setiap abis mandipun nggak pernah menentang ketika dipakein harness. Kadang2 kasian tapi ini demi kebaikan dia.
Cuma kalo pake harness dia nggak bisa gunain kakinya buat geser2in badan, atau memiringkan badannya. Mamah yakin kalo kamu nggak diiket pasti dah bisa balik badan yah. ^-^